Pages

This is default featured post 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured post 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured post 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured post 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured post 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

Friday, 30 May 2014

Touring Minim Budget



Hey kawan sobat setanah air tercinta, para fans dan followers. Hehe. Nih aku mau cerita tentang perjalananku kemarin yang asyik banget. Penasaran sobat? Perhatikan dengan seksama. .:)
( dasar hukum aku jalan-jalan ) aku murid Sekolah Tinggi Akuntansi Negara atau yang sering dibilang STAN. Anak kelas pajak. Tau lah sekolahku gimana? Pastilah jenuh dengan dengan hitung-hitungan akuntansi, PPh, hafalan hukum dll. Pusingg. .liburnya pun sebentar Cuma 2 minggu bro tiap semester.
Lha, mumpung liburan aku dan teman sekelasku sepakat untuk touring. Kemana? Karena tempat pendidikanku di Malang. Kita touring ke Batu, Malang. Tepatnya di daerah Gunung Banyak. Disitu tempat kita para traveler untuk menikmati pemandangan pegunungan dan juga tempat yang bagus buat selfie.
Sebentar, sebentar. Kamu punya budget berapa kesitu? Haha, jujur saat aku kesana budgetku kurang dari Rp 50.000. serius lho? Iya beneran!! ( gausah disebutin juga keles ) hehe.
Oke, perjalanan dilakukan oleh 24 personil kelas dengan menaiki sepeda motor. Yah namanya anak kos, aku gapunya motor. Dirumahku ada motornya orang tuaku Yamaha mio dan Yamaha Vega R. keluarga suka Yamaha karena mesinnya ringan buat perjalanan dan cepat. Dari situlah aku pengen beli motor sendiri. Masih nabung dari gaji STAN dan uang saku. Yamaha Fino FI kayaknya cocok buat anak muda, modelnya unik. Dan akhirnya aku harus nebeng temanku, hehe. Hemat J jadi untuk transportasi modalku tetap utuh. Perjalanan kita lakukan pagi hari sekitar pukul 09.00. kita kumpul terlebih dahulu di salah satu kos temanku. Dan saat awal berangkat sudah terjadi cobaan !! apa itu?? Salah satu motor yang dinaiki 2 orang tersesat karena beda arah. Ya namanya juga Malang, khususnya Singosari macet puooll. Yahh, akhirnya rombongan nunggu 1 motor itu di depan pom bensin. Yah sambil istirahat sejenak dan minum es. Tapi tetep modal utuh. Jadi caranya adalah meminta es teman. Haha
Oke akhirnya setelah beberapa menit temanku yang tersesat tadi dating dan kita melanjutkan perjalanan. Kita janjian sama teman yang sudah tau tempat Gunung tersebut di Alun-alun Batu.
Singkat cerita, kita pun sampai di Alun-alun Batu. Namanya juga aku baru pertama kesitu. Excited banget beda sama alun-alun di Mojokerto. ( tempat asalku ). Di Alun-alun Batu ramai sekali banyak orang jualan, taman bermain dan juga kincir angina. Woww. .
Setelah ketemu sama temanku itu tadi. Diajaklah kita ke rumahnya untuk makan siang. GRATIS lagi. Modal masih utuh. Hehe
Akhirnya setelah kenyang kita pergi lagi beribadah di Masjid dekat Alun-alun Batu. Disitulah modalku berkurang Rp 2000 untuk parkir. Gapapa lah santai aja. Karena tak sabar ingin segera ke tujuan. Kita buru-buru naik motornya. Melewati jalan berliku-liku, naik turun dan tajam. Wussh, dan accident pun terjadi salah satu motor temanku terjatuh karena lubang besar menganga dan mereka tak menyadarinya. Untung saja masih ada pembatas tebing tanah yang menyangga mereka jadinya hanya luka ringan ya Cuma goresan dikit aja. Dan perjalanan tetap kita lanjutkan.
Hampir sampai di puncaknya kita dihadapkan dengan jalanan berbatu menanjak tajam dan hujan gerimis. Wuusshh. .itu sungguh menegangkan broo. Tapi karena kita mental anak motor kita bisa melewati itu semua dan sampai di puncak dengan selamat. Horee!!
Sampai diatas, saat tidak mengenakkan datang. Apa itu? Membayar karcis. Haha. Kan modal berkurang. Disitu modalku berkurang Rp 12.000 untuk karcis dan parkir. Tapi semua pengorbanan itu terbayarkan dengan indahnya pemandangan dan sejuknya angin. Segarr broo. .
Ya namanya juga anak muda, pastilah yang ditunggu-tunggu adalah moment selfie. Seperti biasa teman-teman langsung mencari tempat untuk foto sana sini dan apa tugasku? Ya jadi juru foto dadakan deh untuk para kaum hawa itu. .aduuhh. .sabar dan ikhlas aja. Tapi tetep eksis, aku gamau kalah dong untuk ikutan foto-foto. 



Dan alam tak mendukung kehadiran kita disitu. Angin kencang datang disertai hujan lebat menghancurkan moment foto-foto kita. Ya mau berbuat apalagi, akhirnya kita minum kopi di warung tempat wisata itu. Berkuranglah modalku kembali Rp 5000 untuk secangkir kopi susu.
Yahh yang penting kemanapun tetep asyik dan bersama meskipun banyak rintangan. Tapi kamu tau pepatah bahwa habis gelap terbitlah terang. Kata-kata itu benar-benar terjadi. Setelah badai itu selesai, wow SubhanAllah, muncul segaris pelangi yang cantik nan memukau. Disitulah moment foto-foto kita lanjutkan kembali.
Setelah puas foto-foto, kita memutuskan untuk balik pulang karena hari juga sudah menjelang malam. Dan Ya Allah, sebuah kejadian tidak mengenakkan datang kembali. Handphone temanku hilang. Dia baru sadar bahwa Hpnya hilang setelah dia keluar dari warung tadi. Kita pun mencari bersama-sama dan hasilnya nihil. Yasudahlah diikhlaskan saja.
Perjalanan pulang, kita menuju Alun-alun Batu lagi untuk sholat maghrib dan membeli jajanan. Modal berkurang lagi Rp 2000. Setelah sholat kita jalan-jalan di alun-alun untuk membeli jagung bakar, jagung manis dan susu. Ya disitu habis Rp 15.000 lah. Dan karena udah malam kita melanjutkan perjalanan untuk pulang. Saat ambil sepeda motor, kejadian tidak mengenakkan kembali terulang. Ya Allah apalagi ini, ceritanya begini. Kan aku pakai motornya temanku dan kunci motornya hilang. Aduh, aku panik sekali saat itu. Jagung manis yang aku pegang langsung aku buang dan segera mencari kunci motor itu. Bayangkan sobat, gantungan kunci motor itu adalah STNK. Gimana aku bisa pulang? Berapa yang harus aku ganti? Aku keliling alun-alun bersama teman-temanku dan keliling masjid. Aku berdoa pada Allah agar ketemu kunci motornya itu. Panic sekali. Tapi Allah memang selalu ada buat kita dan membantu kita. Ternyata kunci motornya itu terjatuh di parkiran dan diambil oleh seseorang dan dikasihkanlah kunci motor itu ke tukang parkirnya. Baik banget orang itu. Mungkin aja orang itu “malaikat”. Hehe
Yasudahlah, akhirnya kita pulang bersama. aku bersyukur masih diberi kesehatan dan keselamatan sampai di kosan. Ya itulah sedikit cerita perjalananku yang ga bakal aku lupain. Bagi yang membaca tulisanku ini, jadikanlah sebuah pembelajaran, ambil yang baik dan buang yang buruk. Dan yang terpenting ini kisah nyata!!
Terima kasih, tunggu kisahku selanjutnya.

Tonton dan subscribe video ini http://www.youtube.com/watch?v=XdI1CHTM4Mw

Wednesday, 25 December 2013

Takdir Hidupku Part 6


Bismillahirohmanirrohim. .

Tidak terasa udah part 6 dari perjalanan hidupku ini. .part 6 fase itu fase liburanku. .haha. membahagiakan dan menyenangkan tapi kurang. .wkwk. hust gaboleh alay.
Semua sudah diatur oleh Allah setiap kejadian dalam hidupku tapi Allah tidak akan mengubah suatu kaumnya jika kaumnya sendiri tidak mau berubah. Hubungannya apa dengan liburanmu ya’ ?? aku berusaha mengubah liburanku ini menjadi hal yang berkesan dan Allah mengabulkannya. Aku bersyukur atas ridhomu. .:)

Hemh, ,liburanku sebenarnya sudah aku mulai sejak tanggal 16 desember 2013. Meskipun sejak tanggal itu hingga 3 hari kedepan aku masih kuliah tapi aku merasa hari-hari itu sudah libur.kenapa? karena aku merasa sudah tidak sabar ingin cepat-cepat libur. Haha. 4 hari kuliah itu aku gunain untuk mempersiapkan liburanku nanti. Haha. Dari siap-siap barang apa aja yang aku bawa hingga beli ini itu. Dan tak kusangka Allah masih memberiku nikmat. Ada sedikit tambahan pendapatan dari uang rakyat yang harus aku pertanggung jawabkan. ( aku akan memberikan pelayanan yang maksimal kepadamu, rakyat Indonesia J ).
Kembali ke topiknya, “ Liburan “. Selama 4 hari terakhir kuliah, aku awali dengan membeli tiket. Karena kereta api mahal apalagi pesawat, akhirnya aku beli tiket bus.  Budget anak kos. Haha. Meskipun hari itu hujan deras aku tetap pergi ke terminal, ( terima kasih pada Dendy dan Ivan yang udah mengantarku ). Mau kemana ya’?? rahasia bro. .kepo eh. .haha.

Ga kerasa udah hari kamis aja. Tandanya aku harus berangkat. ( thanks buat Brian, karena jumatnya ga kuliah. .hehe ). Sebelum berangkat kusempatkan membeli sesuatu, meskipun kehujanan lagi. Tak apalah namanya juga perjuangan. ( sesei buat alif,dani,mas rizky,hanif dan vano yang ikut rame” beli sesuatu ). Akhirnya malam tiba, waktunya berangkat. ( Danke buat wildan, yang udah nganter aku ke terminal )
Jam 7 lebih sedikit akhirnya aku berangkat. Saking semangatnya, sampe lupa makan Cuma roti saja. Pusing deh kepalaku , mual , hadeh. . dalam bus tertidur pulas. Duduk disamping ibu-ibu yang juga turun di tempat yang sama. Terbangun jam 1 pagi, waktunya makan malam. Tapi ga bersemangat. Ga ada yang menemani bro. makan sendiri. Haha.

Akhirnya perjalanan dilanjutkan, mau tidur lagi. Eh malah adek kecil dibelakangku nangis tingkat dewa. Dia takut gelap. Haduhh…. Tapi yang membuatku terpukau adalah kesabaran dan cara ibunya memperlakukan anaknya itu agar tidak menangis lagi. Aku mendapatkan pelajaran, bahwa begitu ibu kita sangat menyayangi anaknya dalam situasi apapun, begitu sabarnya ibu membimbing kita, merawat kita dan membuat kita agar terus tersenyum menghadapi setiap kesulitan. SubhanAllah. .:) Semoga istriku kelak sangat menyayangi anak-anakku. Amin. .

Akhirnya setelah beberapa jam, bus ku menyentuh aspal kota tujuanku. Menempuh jarak kurang lebih 364 Km. sendiri. Aku gabisa bayangkan hal ini. Pukul 4 pagi dalam situasi hujan aku sampai di terminal Giwangan. Dimana itu? Jogja teman-teman. Capek juga sih. .capek duduk. Langsung ke masjid istirahat dan sholat disitu. Nunggu bus berikutnya datang. Karena bus nya baru beroperasi pukul 5.30 jadi santai-santai dulu deh di masjid. Akhirnya busnya datang, tapi aku berangkat jam 7an. Naik Trans Jogja. Murah coy keliling jogja Cuma 3000 ( promosi dikit ). Situasi masih tidak mendukung, hujan bro. aku turun di Kopma UGM.

Ga nyangka aku sampai di kampus ini lagi, kampus yang sudah 3 bulan aku tinggalkan. Tapi tujuannya beda dengan tujuan awalku kesini. Haha. Eh iya betewe kamu ngapain ke jogja ya’ ?? minggat?? Hust. .ngawur. , aku janji pada seseorang untuk mengunjunginya. Hehe. Dia adalah orang yang aku bilang “ Bunga “ itu lho. .
Setelah turun di halte. Aku jalan ke kafetaria UGM. Ya santai-santai dulu nunggu dia datang. Dan disitulah kita bertemu lagi dalam keadaan yang berbeda. Seneng ga ya? Seneng dong. .melihat dia lagi yang lebih nyata.

Akhirnya temenku yang kosnya menjadi tempat menginap datang. Namanya Yusuf ( ucup ). Terima kasih banget cup udah diboleh menginap di kosmu. Dan ketemu temen-temen lamaku, ada shohieb, tejo, adi. Tapi yang lain ga ketemu. Cuma mereka aja.

Karena jumat, laki-laki harus jumatan. Jumatan dulu deh. Terus dapat roti gratisan dari UGM. Lumayan lah. .lalu aku ke kos temenku. Berbuatlah baik kepada seseorang maka kamu akan mendapatkan kebaikan juga nantinya. Jadi aku sangat menghargai kebaikan ucup. Maaf ya cup kalau kosmu Cuma buat tempat tidur dan mandi aja. .hehe

Hari pertama, sore, plan pertama. Nonton film dengan Lala. Karena berangkatnya terlalu malam jadi antri dan kebagian yang malem nanti pulangnya kemalaman dong. Jadinya acara itu diganti makan malam aja. Makan malam romantis kata dia. Haha. Karena dia tinggal di Asrama jadinya gaboleh pulang malem-malem dan tidak baik juga. Akhirnya balik ke Asrama dan berakhirlah hari pertama.

The second days. Plannya jali-jali. Tapi ga kayak pasangan alay yang malah ketempat sepi dan ga bermanfaat. Sungguh terlalu ( gaya Bang Haji Rhoma ). Kita pergi Gembira Loka. Tempat apa itu? Yang belum tau. Itu kebun binatang. Haha. Ngapain lho kesana? Nyamain muka? Engga lah. .kita kesana selain ingin menghirup kesegaran tanaman kita juga sambil belajar betapa Allah menciptakan keindahan Alam dan berikut penghuninya yang beranekaragam. SubhanAllah. Asyik banget deh disitu, sambil mengenang masa-masa kecil dulu diajarin bu guru ini hewan apa, ini gajah, ini harimau. .wkwk. dan juga sebagai pengharapan, bila nanti sudah berkeluarga ingin sekali mengajak anak-anakku mengenal alam bersama. Hahaha

Pulang dari tempat itu, kita pergi makan. Ada rawon. Ternyata ada rawon juga. Tapi asin.tapi enak sih. Dan kita sempet was-was kalau jalan pulangnya salah.nyari-nyari lewat GPS. Eh ternyata benar sih. Pulang hujan-hujan. Haha. Kenapa hujan terus? Haduh. .tapi gapapa “ hujan adalah anugerah “ kata lala.

Plan selanjutnya, nobar indonesia vs thailand. Karena hujan, nobarnya di asrama. Jangan mikir macem-macem. Nobarnya di Loby pengunjung. Tapi huft, Indonesia kalah.tapi tetep dukung indonesia jiwa kita tetap indonesia. Nasionalisme tanpa batas. Di loby itu, dia ngajak nyusun planing masa depan kita. Mau tau? Enak aja. .privasi. .dan ga kerasa udah malam waktunya pulang. .daripada diusir satpamnya. .haha mending pulang.

Keesokan harinya.minggu. hari ketiga. Cepet banget ya udah hari ketiga. Hari yang mendebarkan. Kenapa? Hari dimana aku harus berkunjung kerumahnya. Bertemu siapa? Udah tau lah. .biar lebih santai kita jalan-jalan dulu ke Borobudur. The greatest temple on this world. Menempuh jarak sekitar 45 Km. menyiapkan mental dan tenaga. Haha alay. Siang kita sampai di borobudur, ga nyangka juga aku mbolang sendiri dari malang nyampek sini. Kedua kalinya aku menginjakkan kaki di borobudur setelah waktu TK dulu. Haha. Dulu sama ortu sekarang sama. . . .??

Tapi karena musim penghujan. Ya gitu deh, kehujanan. Tapi karena hujan anugerah, jadi dinikmati aja. Suasana jadi romantis. Pake payung gitu. .haha.menikmati borobudur, yang dibangun sebegitu megahnya. Aku mendapatkan suatu pelajaran bahwa, orang lain aja bisa membangun mimpinya hingga sebesar ini mengapa kita tidak berusaha mencoba mewujudkan mimpi besar kita yang lebih dari candi borobudur ini.

Waktu di borobudur selesai. Berangkatlah kita ke tujuan yang sebenarnya. Hemh. .deg-degan juga. .Cuma 10 menit katanya dari borobudur. Cepet banget. .harus siap. Dan. .yaahh. .cepet. .tiba-tiba udah nyampek aja. Asyikk. .bertemu keluarganya. Ngobrol ini itu. Dan yahh mengalir saja. .excited. dimasakin lagi. .haha. enak lho. .sesuai lah dengan lambe wong jawa timur. Gitu lah bahasaku. Sholat ashar bareng keluarganya, berasa sudah satu keluarga saja. SubhanAllah. .:) bermain dengan adeknya. Minta gambarin mas aria. Haha lucu banget. Minta gendong mas. .haha lucu. Kemudian diperkenalkan kepada pakde,bude, kakek, neneknya dan yang lainnya. Hemh. .seneng banget deh, bisa mengenal mereka. Dan sambutan mereka juga ramah. Namun kakeknya sakit, cepet sembuh ya kek. Doakan ya semoga Allah mengangkat sakitnya. Amin. .” jika kamu mencintai seseorang, datanglah pada orang tuanya “.

Dan waktu sudah menjelang malam. Tandanya balik ke jogja lagi.hari ketiga berakhir.
Hari keempat. Hari terakhir aku berkunjung. Sedih memang tapi gimana lagi. Kesibukan masing-masing yang mengharuskan kita berpisah untuk bertemu kembali. Nantii. .

Pagi hari, kita sama-sama memberikan sepucuk surat. Kuantarkan dia berangkat kuliah kembali. Menjalani aktivitas kita masing-masing seperti biasa. Dan aku pun harus balik ke mojokerto. Harus dengan senang hati, ,karena kita berpisah untuk bertemu kembali. Nanti. .

Aku bersyukur kita bisa bertemu kembali. Mesikpun dalam waktu yang relatif singkat ini. Jika ada kesempatan lagi, aku pasti akan berkunjung kembali ke tempatmu. Mengukir kebersamaan kita lagi yang indah. Mengisahkan cerita-cerita kita. Tunggu aku ya. Nanti aku kesana lagi.

Yang terpenting adalah hati kita tetap disatu tempat yang sama. Belajar untuk bersabar dan bertahan. Pelajarannya adalah ketika mencintai seseorang dan seseorang itu respect terhadap perasaan kita, janganlah kita menghabiskan waktu untuk bersenang-senang saja dan menjadikan perpisahan sebagai alasan untuk nafsu berbicara saat bertemu, itu bukanlah cinta sesungguhnya, tapi cinta Syaiton. Cinta sesungguhnya adalah saat kita mensyukuri nikmat kebersamaan untuk hal yang bermanfaat dan menjadikan perpisahan sebagai bentuk takdir Allah untuk menguji kesetiaan dan kesabaran kita. Cintailah orang-orang yang kamu cintai karena Allah jangan mencintai karena nafsu. Karena dengan nafsu kamu akan terjerumus dalam lingkaran syaiton dan kemudhorotan, namun jika karena Allah kamu akan mendapatkan ridho Allah untuk menjalani kehidupan masa depan yang sakinah,mawaddah dan warrahmah. Allah menciptakan setiap orang memiliki jodohnya. Entah di dunia dan juga akhirat. Dan jika engkau ingin mendapatkan jodoh yang baik maka perbaiki diri kamu. Dan bertawakallah kepada Allah.


"Pasangan yang baik adalah orang yang mampu menuntunmu kearah yang lebih baik 
bukan menjadi yang sebaliknya "


Dan carilah sahabat-sahabat yang baik akhlaknya, baik agamanya dan baik tutur katanya. Niscaya engkau akan mendapat kenikmatan dunia dan akhirat.
Jangan lupa tingkatkan terus ibadahnya. Wajib maupun sunnah. Lakukan apa yang diperintahkan Allah SWT dan menjauhi segala laranganNya.

Cukup Sekian pengalaman hidupku. .pengalaman liburanku,, ambil positifnya saja. Maaf kalau ada salah kata atau yang tidak berkenan di hati kalian yang baca.

SEMOGA BERMANFAAT..

Wassalamualaikum wr.wb

Thursday, 12 December 2013

Takdir Hidupku Part 5



Assalamualaikum Wr.Wb
Saya berterima kasih pada teman-teman dan semua orang yang pernah membaca catatanku sebelumnya dan kuharap kalian mengambil segi positifnya dan terinspirasi.
Kali ini akan kutulis kelanjutan dari pengalaman hidupku sebelumnya.
Amazing !! kini masaku adalah putih hitam dan sesekali memakai almamater. Tandanya apa? Yah. .aku kuliah juga. Menjadi seorang mahasiswa. Dimana? Di STAN ( Sekolah Tinggi Akuntansi Negara ). Tempat dimana orang-orang di garda terdepan pendapatan negara. Sekilas tentang STAN . STAN adalah sekolah kedinasan dibawah naungan Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Disinilah kita sebagai mahasiswa dididik dan dibimbing untuk menjadi seorang pegawai negeri sipil yang berintegritas, profesionalisme, sinergis, pelayanan dan kesempurnaan. ( nilai-nilai Kemenkeu ). Kita sebagai mahasiswa harus menanamkan kelima nilai-nilai tersebut di dalam lubuk hati yang paling dalam. Kita sebagai mahasiswa adalah abdi negara dan pelayan. Pelayan apa? PELAYAN MASYARAKAT. Dan itu adalah suatu kebanggaanku sebagai mahasiswa STAN.
Langsung saja, sekarang aku berada di Balai Diklat Keuangan Malang khususnya di kelas PAJAK B. ( mana suaranya PAJAK B ) wkwkwk. .kuliah di STAN menyenangkan dan bisa membuat diriku semakin cinta pada tanah air. Tanah air. Negara Kesatuan Republik Indonesia. Di BDK, terkumpul anak-anak bangsa yang kompeten dari berbagai penjuru Indonesia. Meskipun jumlahnya tak sebanding dengan kampusku sebelumnya itu tapi dengan jumah 196 siswa, kita harus bisa mengubah wajah Indonesia yang baru, yang lebih maju dan lebih mensejahterakan masyarakatnya. STAN Bisaaaa !!!

Sedikit berbeda dengan aturan kampus-kampus lain pada umumnya, STAN mempunyai sistem DO setiap semester jadi kita sebagai mahasiswa harus bekerja lebih untuk membuang kata DO. Tapi tetep santai karena ketika kita tertekan dalam menjalani suatu peristiwa, otak kita tidak akan berpikir dengan jernih dan malah membuat kacau. Jadi take it easy broo.
Awal kuliah di dunia perpajakan. Aku buta akan pajak karena basicku IPA. Tapi tak bisa aku jadikan alasan karena meskipun aku menangis ke widyaiswara ( dosen untuk calon/pegawai negeri sipil ) karena aku tidak bisa akuntansi,hukum,PPh dan materi-materi yang tidak sama sekali berhubungan dengan ilmu Science, tetap saja aku tidak bisa. Untuk itu aku harus survive dalam menjalani hidup baruku ini. Terus untuk apa Aryha kau belajar fisika,kimia,biologi dll ? sia-sia kah? Jawabku TIDAK SAMA SEKALI. “ Karena Belajar di Dunia ini tidak ada yang sia-sia”. Ada hal baik untuk belajar, ada hal buruk jadikan suatu pembelajaran juga. Jadi teman-teman, masihkah kalian mempermainkan waktumu?? Kembali ke pertanyaan tadi, untuk apa? Dunia ini luas, dan untuk mengerti semua hal tentang dunia ini tak cukup waktumu selama hidup ini. Jadi mungkin Allah mentakdirkan untuk mempelajari materi IPA waktu SMA adalah supaya aku tau bahwa pesawat yang beratnya berton-ton itu bisa terbang karena bentuk sayap pesawatnya yang berbeda ( Asas Bernoulli ), supaya aku tau bahwa dalam tubuh manusia tersusun kurang lebih 100 teriliun sel ( kalo ga di IPA aku taunya darimana, masak aku ngitung sendiri ), dan hal-hal menarik lainnya. Dan sekarang aku berada dikehidupan yang berbeda 180 derajat dimana aku harus memahami pasal bahkan menghafalkannya, menghitung pajak orang dan lain-lain. awalnya aku kaget dan sempat merasa putus asa, kenapa aku disini? Apa yang aku lakukan disini? Tapi jika aku sudah masuk dalam satu lubang aku harus mencari jalan keluar untuk keluar dari lubang itu dengan berbagai resikonya. Aku sekarang bukan anak kecil lagi, bukan anak SMA lagi yang hanya meminta kepada orang tua ini itu. Aku harus menentukan jalanku sendiri dengan caraku sendiri. Dan membuat orang tua yang besarkanku merasa bahagia karena telah melahirkanku.
Awal menjalani masa kuliah, aku belum beradaptasi. Sering ngantuk saat menerima pelajaran. Susah untuk menghafal ini itu dan memahami akuntansi terutama. Akuntansi harus otodidak dan dalam waktu singkat harus memahaminya ( akselerasi deh ). Materi awal yaitu statistika. Mungkin aku bisa sedikit senang karena masih ada materi matematika. Tapi ternyata materi tersebut lebih mbulet ( cari tau ndiri bahasa indonesianya ). Haha tapi ga sealay itu. . terus KUP ( ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan ). Ya namanya KUP jadi ya isinya gimana cara daftar sebagai wajib pajak, syaratnya, sanksinya dll. Kemudian ada PPh ( Pajak Penghasilan ). Ya menghitung PPh orang pribadi atau badan, terus ada yang boleh dijadikan objek pajak ada yang tidak, gitu-gitu pokoknya. Terus ada PIH dan PHP, keduanya membahas tentang hukum yang PIH hukum secara umum kalau PHP hukum pajak saja. Terus ada materi umumnya seperti Agama,PKn dan Aplikom. Terus KSPK itu bagaimana kita memiliki kepribadian dan beretika sebagai PNS nantinya dan yang terakhir Akuntansi. Momok atau hantu menjelang tidur. .haha. semua itu berbeda dengan memori yang ada dalam otakku. Aku berkata konyol ,” kalau bisa otakku di format “. Hey otak lebih mulia bung dari flashdisk !! jadi otak bisa menampung segala informasi yang kita transferkan kedalamnya dan tanpa batas. Contoh masih ingat ga waktu kamu SD dulu ngapain aja??
Dan sekarang aku sudah 3 bulan lebih menerima makanan-makanan seperti itu setiap hari.  Dan selesai UTS juga. Semoga Allah memberikan hasil yang terbaik. Amin.
Sekarang cerita mengenai kelasku. KELAS PAJAK B. Berisi 30 orang, 16 laki-laki dan 14 perempuan. Orang-orang asyik. Berbagai tipe manusia ada disini, ada yang alay, ada yang pendiam, ada yang diam-diam menghanyutkan, ada yang berani, ada yang supel dll deh yang penting ga sebut merk. Wkwk. Mereka saudaraku sekarang, mereka temanku, mereka sahabatku. Menemukan musuh dalam 1 menit bisa seribu tapi menemukan 1 teman saja mungkin butuh waktu berbulan-bulan ( Komandan Batalyon 464 Paskhas ). Seperti itulah jadi ya jangan kecewakan mereka. “ kalau aku ada salah pada kalian, mohon dimaafkan.” Hidup Pajak B.
Hari ini aku menulis, tgl 12 Desember 2013. Cerita sebelum hari ini adalah 4 hari berada di Batalyon 464 Paskhas. Tempatnya pasukan khas TNI AU. Katanya gitu. Baru tau. Haha ampun komandan. . disitu hidup bersama semua mahasiswa STAN, dilatih,dibimbing dan disenangkan. .hidup sebagai seorang mirip militer in 4 days. Ya namanya militer, banyak fisiknya. Push up ( pompa bumi ), sit up, lari-lari, PBB, mountanering, repling, flying fow, jaring pendarat tapi sayangnya ga terjun payung. .wkwk emang bisa kamu?? :D
Begitu banyak pelajaran yang aku dapatkan dari sana dari mulai suatu ke korsaan dalam satu kelompok, gimana ga korsa? Mandi aja bareng. .:D. Terus integritas kita. Kedisiplinan dalam menjalani hidup. Pokoknya jiwa kita dibangun. ( ucap terima kasih dulu pada para pelatih ).
Hidup ini memang tidak mudah kawan tapi jangan disulit-sulitkan. Hidup ini mudah kawan tapi jangan dimudah-mudahkan. Jadilah orang yang membela yang benar tapi jangan membenarkan yang bela. Kamu memang manusia yang sempurna, tapi kamu hanya 99% kesempurnaan karena kesempurnaan yang abadi 100% hanyalah milik penciptamu, Allah SWT. Hidup harus bersyukur, karena dengan bersyukur kamu dapat mengerti apa yang tidak orang lain dapatkan. Hidup harus berkumpul karena berkumpul lebih kuat daripada sendiri. Meskipun kalian merasa lemah dan tak berdaya, tunjukkan bahwa kalian adalah besi yang semakin kuat jika terkena panas, jangan jadi lilin yang meleleh jika terkena panas.
Aku mulai ( ga tau sejak kapan itu ), tapi pokoknya sejak berada di Pajak B, aku mulai menyempatkan untuk mencatat quote dari setiap kejadian atau perkataan widyaiswara yang aku temui. Dan dengan itu aku berharap bisa memahami dan menerapkannya dalam kehidupanku. Dan aku share ke teman-teman agar mereka tau bahwa hidup tak egois. Kita hidup butuh orang-orang yang sudah berpengalaman dalam menjalaninya.
Aku, Aryha Amrulaidin Bachalwi adalah Aryha Amrulaidin Bachalwi. Aku adalah Aku. Dan kalian yang membaca catatanku ini adalah diri kalian sendiri. Kita bukanlah Bill Gates yang bisa menciptakan Microsoft, kita bukan Edison yang bisa menciptakan bohlam lampu, kita bukan hewan yang bisa seenaknya melakukan apapun. Tapi kita adalah diri kita sendiri. Apa kita bisa seperti mereka? BISA dan bahkan lebih. Kita punya potensi masing-masing jangan biarkan potensimu tidur dan kamu menyesal karena potensimu selamanya tidak muncul.
Sekian kawan pengalamanku selama ini, sampai detik ini.
Semoga kalian bisa mengambil segi positifnya dan buanglah segi negatifnya.
“ Cintailah hidup kamu seperti kepolosan cinta anak-anak pada suatu benda “
terima kasih kawan. .
Assalamualaikum Wr. Wb

Saturday, 7 December 2013

Takdir Hidupku Part 4

Masa-masa kuliah. Tempat kuliah yang pertama yang aku tuju adalah UGM. Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Universitas yang besar. Di UGM aku diterima dijurusan komputer dan sistem informasi. Dan sampe disana wow, aku excited banget dengan orang-orangnya yang ramah, hebat-hebat deh pokoknya. Aku berangkat dengan ayahku naik bus untuk daftar ulang. Kayak orang ilang gatau apa-apa haha. Tapi ga tersesat santai aja.,
Setelah itu aku ingin menggapai cita-cita lamaku yaitu diterima di STAN. Awalnya orang tuaku ga setuju dengan itu, tapi akhirnya mereka pengertian. .( gitu dong . .:D) dan setelah semua syarat pendaftaran terpenuhi aku mengikuti serangkaian tesnya. Tapi entah kenapa setiap kali aku setelah sholat istikharah tanda-tandanya itu yogyakarta. Setiap nonton TV Yogyakarta, lihat apa gitu Yogya. .dan kalau STAN waktu pendaftaran sampe tes terakhir mesti terakhir-terakhir. Waktu tes TPA dan english aja aku sakit flu. Terus wawancara telat. Terus pas kebugaran dan kesehatan nyasar pas nyari tempatnya. Aku sempat ragu, pertanda apa ini. Apa aku ga diterima? Atau lebih baik di UGM? Hemh. .aku panjatkan doa kepadaMu ya Allah, “ jika memang STAN yang terbaik bagi hamba permudahlah jalanku dan aku diterima dan jika UGM yang terbaik bagiku permudahlah jalanku dan ga diterima STAN”.
Lanjut kecerita PPSMB di UGM, PPSMB di UGM ada Palapa,Universal dan Permadani. Aku harus menjalani semua itu. Di Palapa, terbagi menjadi beberapa kelompok dan aku masuk Owimboo ( katanya sih nama daerah gitu)  dikelompok itu aku bertemu dengan teman-teman hebat dari seluruh Indonesia, ada yang dari jawa sendiri, sumatra, bali, kalimantan, sulawesi banyak deh. Dan kita berbagi ilmu disitu dan kebetulan aku ditunjuk mbak Happy ( pemanduku ) sebagai ketua kelompok. Hemh. .oke deh mungkin karena aku ganteng. .haha :D
Dan di kelompok itu ternyata ada “bunga”.  ( ceritanya lanjut nanti dibawah )
dalam PPSMB Palapa kita diperkenalkan di UGM itu ada apa aja, dan apa yang membuat kita bangga akan UGM. Pokoknya asyik deh acaranya.
Lalu lanjut ke Permadani, semacam ospek fakultas. Tapi acaranya asyik Cuma ngelihat penampilan-penampilan senior per prodi, nari-nari dan makan. .haha.
Kemudian Universal, ospek yang menyeramkan katanya. Tapi ya biasanya sih Cuma kakak seniornya lebih galak aja tapi ga pantas mukanya. .haha. lha waktu hari kedua PPSMB Universal itulah pengumuman STAN di show up. Dan akhirnya aku diterima. Seneng sekaligus galau sesaat. Hehe. Hari kedua itu aku belum ngerjain tugas tambahan dari senior kenapa? Ketiduran bro. .yaudah akhirnya aku ga berangkat ke kampus. Disaat itu aku berdoa kepada Allah “ tetapkan hatiku ke STAN jika memang STAN yang terbaik bagi hamba”. Dan atas ridho Allah aku yakin bahwa STAN memang takdir Allah. Dan akhirnya selamat tinggal UGM. .

Kemudian aku mengikuti ospek keduaku di STAN. tak kira serem lha wong ada paskas yang ngelatih eh ternyata tidak. asyik banget malahan. acaranya enak dan ga banyak tugas makan-makan pula dan enak. sipp deh pokoknya. beruntung aku bagian dari STAN ( Sekolah Tinggi Akuntansi Negara ). aku diterima di jurusan perpajakan. sipp deh. .terima kasih ya Allah atas karuniamu. .:-)
Kembali ke “Bunga” tadi. .aku menemukan bunga yang berbeda dengan bunga-bunga yang aku temukan di masa lalu. Entah kenapa aku merasa yakin dengan bunga itu. Dan aku harap itu bukan nafsu. Dan aku berdoa kepada Sang Pencipta bunga tersebut, “ jika memang bunga itu jodohku nanti, dekatkanlah hamba dengannya tapi jika dia bukan jodohku jauhkanlah diriku dengannya dengan caramu yang terbaik.” Dan dengan berbagai makna yang tersirat dari acara TV yang selalu berhubungan dengan Yogya,dan apapun yang berhubungan yang sering aku temui. Apakah ini takdir illahi yang Kau pilihkan padaku? Aku Cuma berharap Allah memberikan yang terbaik bagiku.
Aku dan bunga itu dipertemukan tak sengaja. * ceritanya untuk konsumsi pribadi. Dan tanda-tanda dari Allah itu semakin kuat. Semakin mengenal dia semakin aku yakin meskipun sekarang aku dan bunga itu terpisah jarak tapi dengan adanya komitmen bersama kita semakin dekat.* alay ya. .haha
Aku berterima kasih kepada semua orang-orang terdekatku dulu yang telah membantuku untuk belajar tentang rasa cinta dan kasih sayang. Aku minta maaf sekali kepada orang-orang yang merasa tersakiti dengan kelakuan dan sikapmu selama ini. Kita semua teman seperjuangan dalam mencapai akhirat. Kita seperjuangan se agama. Agama islam.
Takdir Allah kita tak tau. Apa yang direncanakanNya kita tidak tau. Yang kita tau adalah yang kita jalani sekarang. Dan apa yang kalian bisa lakukan untuk menjalani yang sekarang itu? Mau melakukan apa? Kebaikan atau kemaksiatan? Amal baik atau amal buruk?
# Think Again

# eh bunga itu siapa ya? :D
Kali ini aku kasih tau deh namanya. .namanya Kemala Feby Nursita. .
semoga komitmen masa depan yang kita inginkan terwujud. .Amin. .:)

Yaudah sekian cerita singkat takdir hidupku. .semoga bermanfaat bagi kalian dan menginspirasi kalian. .sebagai bahan renungan, belajar atau apalah yang positif pokoknya jangan mikir-mikir hal negatif. Makan masih enak kok mikir-mikir negatif. . Assalamualaikum Wr.Wb